Wabah TBC, Pemusnah Massal Erofa Abad 18

wabah tbcPenyakit TBC Kelenjar,- Baru – baru ini, tim peneliti yang dipimpin oleh University of Warwick mengungkapkan sebuah rahasia besar yang selama ini tersimpan di dalam makam abad ke-18 di gereja Dominika dari Vác di Hungaria. Mayat yang tersimpan selama 200 tahun tersebut menyimpan misteri bagaimana mereka meninggal. Sebuah studi baru yang diterbitkan di Nature Communications merincian bagaimana sampel yang diambil dari tubuh mumi secara alami ditemukan di makam yang berisi 14 genom TBC, menunjukkan bahwa infeksi menyeluruh ketika TB berada di puncak prevalensi di Eropa.

Profesor Pallen dari Warwick Medical School, mengatakan penemuan itu sangatlah penting untuk pengendalian infeksi baik saat ini dan masa depan serta diagnosisnya. Tim menggunakan abad ke-18 mengurut sampai saat dimana asal garis keturunan dari jenis TB umum ditemukan di Eropa dan Amerika untuk periode Romawi akhir, yang cocok dengan saran kontroversial baru-baru ini bahwa asal muasal dari semua jenis TB yang terjadi baru-baru ini berasal dari enam ribu tahun yang lalu.

Dalam hal mencari jalan keluar dalam penanggulangan TB ini para ilmuwan menggunakan teknik yang disebut “metagenomics” untuk mengidentifikasi DNA TB dari spesimen sejarah – yaitu sequencing langsung DNA dari sampel tanpa ada bakteri tumbuh atau sengaja memancing keluar TB DNA. Pendekatan ini mengacu pada throughput yang luar biasa dan kemudahan penggunaan teknologi sekuensing DNA modern.

Dari pendalaman kasus terhadap mayat yang ditemukan tersebut, terungkap bukti adanya hubungan kedekatan antara penyakit dari pada ibu usia paruh baya dan putrinya yang sedang dewasa, hal ini menunjukkan kedua anggota keluarga tersebut meninggal karena infeksi tersebut. Sampel mikrobiologis analisis dari pasien TBC pada umumnya biasanya hanya berupa serangan tunggal TB per pasien. Namun hal ini justru sebaliknya, lima dari delapan mayat dalam penelitian tersebut menghasilkan lebih dari satu jenis TB. Dan dari satu orang individu diperoleh bukti tiga jenis serangan TB yang berbeda.

Metagenomic merupakan teknik untuk mengidentifikasikan DNA pada TB dengan cara sequencing secara langsung pada spesimen sejarah tanpa ada bakteri tumbuh untuk memancing DNA TB keluar.

Kejadian ini diluar dugaan dari yang selama ini di asumsikan. Dari mana dan bagaimana mereka dapat terjangkiti penyakit TB tersebut. Bahkan serangan ganda dari dua jenis TB masih sulit untuk di percaya. Mungkinkah penyakit ini terus mengalami evolusi sepanjang masa atau mereka berevolusi sendiri ketika memasuki tubuh manusia. Atau memang karena adanya hambatan populasi pada penyakit ini sehingga patogen manusialah yang menyebabkannya.

Facebook Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *