Tuberkulosis Menyerang Setelah Bertahun-tahun Terbengkalai

vaksin

Definisipenyakit.obatherbaltbckelenjar.com | Tuberkulosis Menyerang Setelah Bertahun-tahun Terbengkalai,- Selama saya tinggal di Inggris, banyak inci koran yang dikhususkan untuk masalah dipanaskan dari pemusnahan populasi musang. Luak tampaknya adalah media yang sempurna untuk tuberkulosis (TB), dan sedang bertanggung jawab atas lonjakan kasus dilihat pada sapi. Belum, subtipe tertentu TB tampaknya tidak dapat ditransfer ke manusia, namun sebagai penyakit infeksi dapat berubah dengan saat ini adalah kekhawatiran potensial untuk masa depan.

Dulu aku berpikir TB sebagai infeksi langka, sebagian besar terjadi di negeri asing, sampai ayahku dikontrak itu. Dia tinggal di sebuah peternakan di Yorkshire, yang pasti dianggap sebagai daerah berisiko rendah! Jadi, ketika ia menjadi tidak enak badan, TB sangat rendah ke bawah daftar kemungkinan. Untungnya, ia didiagnosis segera dan pulih dengan baik setelah perawatan, tapi itu pasti dibawa pulang untuk saya bagaimana penyakit ini adalah membuat sesuatu dari comeback.

TB disebabkan oleh Mycobacterium – ada sekitar 120 spesies yang berbeda dari Mycobacterium, dan salah satu yang menginfeksi manusia dikenal sebagai tuberkulosis M. Hal ini bertanggung jawab untuk sekitar 1,5 juta kematian di seluruh dunia per tahun, menjadikannya salah satu penyakit bakteri yang paling penting di planet ini. Ia paling umum mempengaruhi paru-paru, tetapi dapat mempengaruhi kelenjar getah bening, tulang, sendi dan ginjal juga, serta menyebabkan meningitis. Ada sekitar 300 kasus TB yang didiagnosis di Selandia Baru setiap tahun.

TB menyebar melalui tetesan yang mengandung bakteri. Bersin, batuk atau meludah dapat mentransfer tetesan dari satu orang ke orang lain, kontak begitu dekat dengan orang yang terinfeksi (misalnya hidup atau bekerja dengan mereka) dapat berisiko. TB tidak biasa dalam bahwa hal itu dapat tetap laten dalam tubuh Anda untuk waktu yang lama, kembali muncul sering tahun kemudian menyebabkan penyakit. Pengobatan dalam tahap laten ini dapat meniadakan risiko pengembangan TB full-blown nanti.

Orang yang paling berisiko infeksi termasuk mereka:

  • Hidup di atau bepergian ke negara-negara berisiko tinggi, misalnya Sub-Sahara Afrika, India, Cina, Rusia, Pakistan, bagian dari Kepulauan Pasifik
  • Status sosial ekonomi rendah – kemiskinan, kepadatan penduduk dan perumahan berkualitas rendah membuat penyebaran TB jauh lebih mungkin
  • Kekebalan Menurunkan – baik sebagai akibat dari obat-obatan seperti imunosupresan, kemoterapi atau steroid, atau infeksi seperti HIV
  • Kelemahan Umum atau sakit – orang dengan kondisi medis yang kronis, terutama pasien yang sangat muda atau tua
  • Hidup atau bekerja di fasilitas perumahan perawatan, penjara, kamp-kamp pengungsi, pusat imigrasi – di mana saja di mana kepadatan penduduk atau sanitasi adalah masalah
  • Penyalahgunaan zat – penyalahgunaan obat intravena dan alkohol
  • Merokok – tembakau mengurangi kemampuan sistem pernapasan Anda untuk melawan TB, membuat Anda lebih rentan terhadap infeksi.

Seperti TB dapat mempengaruhi banyak bagian tubuh yang berbeda, dapat hadir dalam berbagai macam cara. Namun, gejala klasik meliputi:

  • Batuk berkepanjangan (lebih dari 3 minggu)
  • Batuk darah
  • Malam berkeringat – sering fitur yang sangat dominan
  • Nyeri dada atau rasa sakit dengan bernapas
  • Menurunkan berat badan yang tidak disengaja
  • Kelelahan
  • Menggigil
  • Kehilangan nafsu makan dan malaise
  • Gejala lain, misalnya nyeri tulang, dapat terjadi tergantung di mana dalam tubuh TB yang telah melakukan perjalanan.

Secara tradisional, TB telah didiagnosis dengan tes kulit yang dikenal sebagai Mantoux – di mana sejumlah kecil zat yang disebut PPD tuberkulin disuntikkan di bawah kulit. Beberapa hari kemudian, dokter atau perawat “membaca” tes – jumlah reaksi di tempat suntikan berkorelasi dengan kemungkinan TB.

Namun, tes ini tidak sempurna, sehingga tes darah yang dikenal sebagai Quantiferon-TB Emas sering digunakan dalam hubungannya dengan itu. Jika diagnosis positif dibuat, tes lebih lanjut termasuk dada sinar-X dan scan akan dilakukan untuk melihat secara tepat di mana infeksi TB.

Obat adalah dasar pengobatan TB. Namun, pemberantasan lengkap infeksi membutuhkan program yang sangat panjang dari beberapa antibiotik – dengan pengobatan biasa berlangsung selama sekitar 6 bulan. Ada peningkatan masalah di seluruh dunia dengan resistensi antibiotik, sehingga dokter akan memeriksa secara khusus yang obat Anda sensitif terhadap sebelum Anda mulai.

Dalam hal pencegahan, vaksinasi tersedia, tetapi pada saat ini di Selandia Baru ini umumnya terbatas pada bayi dan anak-anak muda yang jatuh ke dalam kelompok berisiko tinggi. Untuk informasi lebih lanjut tentang vaksinasi yang aman ini, atau untuk mengetahui apakah anak Anda harus divaksinasi, kunjungi immune.org.nz atau berbicara dengan dokter atau perawat Plunket.

Facebook Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *