Tips Menghindari Dari Terinfeksi Penyakit Tbc

Tips Menghindari Dari Terinfeksi Penyakit Tbc – Pernahkah Anda mendengar tentang penyakit TBC? Apakah penyakit TBC? Tuberculosis (TBC) adalah sejenis penyakit menular berbahaya yang mematikan jika tidak diobati dengan sempurna. Hari ni saya akan berbagi tentang penyakit TBC dan cara bagaimana kita dapat melindungi diri kita serta anggota keluarga tersayang dari terinfeksi TBC.

Tips Menghindari Dari Terinfeksi Penyakit Tbc

Penyakit TBC adalah disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis yang biasanya menyerang paru-paru. Namun ia juga dapat menyerang bagian-bagian anggota tubuh seperti selaput otak, tulang, kelenjar, ginjal, jantung, usus dan kulit.

Cara TBC Tersebar

Tetesan air di udara yang tercemar dengan kuman TBC dapat menyebabkan Anda terinfeksi penyakit TBC. Pasien TBC akan menyebarkan kuman TBC saat mereka bersin atau batuk. Risiko untuk seseorang itu terinfeksi penyakit TBC adalah mengandalkan kekuatan sistem imun masing-masing untuk melawan kuman TBC.

Semakin lemah sistem kekebalan tubuh Anda, maka risiko untuk terinfeksi penyakir TBC adalah semakin tinggi jika terkena kuman TBC.

Golongan Berisiko Tinggi Terinfeksi TBC

  1. Bayi atau anak-anak.
  2. Penderita HIV, pasien diabetes, pasien ginjal tahap akhir atau pasien kanker (penyakit yang diderita melemahkan sistem kekebalan tubuh mereka).
  3. Penderita SLE, penderita rheumatoid, psoriasis, ulcerative colitis dan sebagainya. (Penderita penyakit tersebut mengambil steroid untuk mengobati penyakit mereka yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh menjadi lemah).
  4. Pasien yang menjalani kemoterapi.

Baca juga : Tips Agar Cepat Sembuh Dari Penyakit TBC

Tanda-tanda Seseorang Terinfeksi TBC

  • Batuk berkepanjangan lebih dari 2 minggu serta dahak ditemukan berdarah.
  • Demam.
  • Berkeringat di malam hari.
  • Hilang selera untuk makan.
  • Sakit dada saat batuk / menarik nafas panjang.
  • Sering letih.
  • Susut berat badan.

Efek TBC Kepada penghidapnya

Jika TBC menyerang paru-paru, ia akan menyebabkan paru paru menjadi keras (fibrosis), bernanah ataupun mengakibatkan paru-paru. Pada tingkat yang serius, pasien menjadi sulit untuk bernafas.

Selain menyerang bagian paru-paru, TBC juga dapat menular ke tulang, usus, kelenjar, ginjal, serta selaput otak tergantung kepada lokasi peredaran darah yang membawa kuman TBC.

Jika ia menyerang bagian otak, penghidapnya kemungkinan akan mengalami pusing, demam, muntah atau kejang.

Justru itu, deteksi dini terhadap infeksi penyakit tuberkulosis amatlah penting untuk menghindari kondisi menjadi lebih serius. Ini adalah karena reaksi pasien terhadap pengobatan adalah baik jika penyakit TBC terdeteksi awal.

Cara Menghindari Dari Mendapat Infeksi TBC

  1. Vaksin BCG
    Vaksin BCG yang diberikan saat lahir adalah antara cara untuk melindungi dari terinfeksi TB miliari dan TB meningitis. Vaksin ini berfungsi untuk merangsang sistem kekebalan tubuh kita untuk memproduksi antibodi terhadap kuman TBC. Namun, vaksin ini tidak berupaya melindungi kita 100% dari infeksi TBC karena semakin kita meningkat usia, sistem kekebalan tubuh kita semakin menurun.
  2. Praktek Kesehatan.
    Petugas kesehatan yang ditugaskan merawat pasien TBC disarankan memakai masker N95 untuk melindungi mereka daridapa terkena kuman TBC.
  3. Ventilasi Yang Sempurna di Rumah.
    Pastikan ventilasi di rumah kita adalah sempurna dengan membuka pintu dan jendela. Selain itu, Anda juga harus memastikan cahaya matahari bisa masuk ke dalam rumah Anda. Ini adalah karena cahaya matahari dikatakan dapat membunuh kuman TBC.
  4. Nutrisi Seimbang dan Berkhasiat.
    Amalkan nutrisi yang bergizi serta seimbang dan mencukupi kebutuhan tubuh kita setiap hari. Dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan kaya nutrisi, kita juga dapat meningkatkan kesehatan tubuh kita.
  5. Konsumsi Supplemen yang Kaya Antioksidan.
    Supplemen yang tinggi antioksidan seperti vitamin ACE MAX’S juga sangat disarankan untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita dari serangan penyakit seperti TBC. Informasi produk lebih lengkap silahkan KLIK DISINI !
Facebook Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *