TBC Tak Sembuh, Bisa Jadi Aids

tbc hivKepala Bidang Pemberantasan Pencegahan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Dr Manik Kusmayoni, mengatakan seseorang yang menderita penyakit tuberkulosis (TB) yang tidak sembuh-sembuh kemungkinan besar mengidap HIV/AIDS.

“Karena TB salah satu penyakit bawaan dari AIDS,” ujarnya kepada Tempo, Senin, 1 Desember 2014. Hal ini diperkuat oleh fakta yang menyebutkan 80 persen penderita TB adalah penderita HIV/AIDS.

“Kolaborasi TB-HIV/AIDS sedang menjadi fokus pemerintah,” ujar Manik. Saat ini tercatat 843 kasus HIV/AIDS di Kabupaten Tangerang dengan rincian 297 AIDS dan 546 positif HIV.

Penyakit ini tidak hanya menginfeksi kalangan kelompok berisiko tinggi, seperti pengguna jarum suntik, gay, waria, wanita pekerja seks, tapi juga ibu rumah tangga dan bayi.

Menurut Manik, penyakit TB bisa disembuhkan dengan cara mengkonsumsi obat TB secara terus-menerus selama enam bulan. Namun, jika TB sudah diobati tidak sembuh juga, kemungkinan besar orang itu menderita HIV/AIDS. “Dua tahun TB tidak sembuh kemungkinan besar HIV/AIDS,” katanya.

Menyikapi adanya kolaborasi TB-HIV/AIDS ini, Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang melakukan tes HIV kepada setiap kasus TB baru ataupun lama. Setiap ditemukan kasus HIV, akan dilakukan screening TB. [sumber: www.tempo.co]

Facebook Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *