Suara Serak Banyak Penyebabnya

Suara Serak Banyak Penyebabnya

Pernah mengalami suara serak? Suara serak ini salah satunya diakibatkan oleh kendala terhadap pita suara. Penyebab kendala itu mampu bermacam-macam. Seperti yg di sampaikan dr Rangga R Syarif Sp Tht, KL, Mkes, dokter spesialis THT, bedah kepala & leher di RS TMC Tasik.

“Diantara penyebabnya yakni karena infeksi atau noninfeksi. Jika karena infeksi biasanya ada gejala lain seperti adanya rasa nyeri, kemudian warna dinding pita suara kemerahan atau juga ada lendir dan biasanya diawali dengan demam,” tutur dokter yang juga bertugas di RSUD dokter Soekarjo Tasikmalaya ini.

Baca juga : 4 Penyakit Ini Diprediksi Bakal Mewabah di Tahun 2016

Suara serak, kata beliau, bisa pula dikarenakan penyebab yg spesifik seperti karena penyakit TBC. Terhadap penyakit itu bakteri di paru-paru naik ke atas sampai pita suara. Sedangkan dikarenakan nonspesifik merupakan sebab kuman di tenggorokan berkembang lebih banyak. Selain itu mampu dikarenakan adanya tumor jinak/ganas atau terjadinya benjolan di pita suara & lantaran pembesaran kelenjar getah bening.

“Jadi sesungguhnya banyak hal yang bisa menyebabkan terjadinya suara serak akibat gangguan pada pita suara. Seperti sebab nonspesifik juga pita suara dapat terganggu akibat stroke atau juga bisa karena faktor trauma,” jelasnya.

Suara serak pun, tambah dirinya, dapat disebabkan lantaran terbentuknya sebuah nodul atau benjolan terhadap pita suara yg disebabkan terlalu banyak berbicara atau terlalu banyak suara yg difungsikan. Nodul ini dapat berlangsung kepada satu orang penyiar atau penyanyi yg memanfaatkan suaranya tanpa istirahat. “Karena terlalu sering berbicara atau dipakai suaranya tanpa istirahat dan jeda maka akan terjadi benjolan. Benjolan ini bisa membuat suara menjadi serak,” jelasnya.

Selain itu, kata beliau, suara serak serta dapat disebabkan lantaran paparan asam lambung. Dalam medis dikenal dgn istilah LPR atau laryngopharyngeal reflux. LPR ini ialah terjadinya aliran balik dari lambung ke laring faring & upper aerodigestive tract. “Jadi LPR ini karena naiknya asam lambung hingga ke pita suara dan tenggorokan. Jika terlalu sering berulang asam lambung ini naik maka terjadi iritasi pada pita suara,” tuturnya.

Dikarenakan banyak hal yg mengakibatkan suara serak, sehingga buat memastikannya butuh diperiksa oleh tenaga medis buat tentukan penyebab utamanya. Selain buat mengetahui penyebab penting, pemeriksaan serta supaya langsung ada penanganan.

Pemeriksaannya dilakukan dalam sekian banyak step. Mulai dari anamnesis atau wawancara bersama pasien terkait riwayat medisnya sampai pemeriksaan fisik yang merupakan penguat juga pemeriksaan penunjang seperti rontgen.

Facebook Comments