Penyakit Yang Dapat Menurunkan Berat Badan Secara Drastis

penyakit tbcSebagian penyakit memiliki gejala penurunan berat badan secara drastis. Biasanya penyakit ini termasuk jenis yang berbahaya jika tidak segara tertangani. Cara mengeceknya mudah. Jika mendadak berat badan turun dan tidak diketahui penyebabnya, misalnya tidak sedang mengatur pola makan tertentu maka kemungkinan ada penyakit yang bersarang di tubuh. Bentuknya dapat penyakit fisik maupun mental.

Berikut ini beberapa jenis penyakit yang dapat menurunkan berat badan seseorang seseorang secara drastis dan mendadak:

Tuberculosis (TBC)

Penyakit ini menyerang saluran pernapasan yang disebabkan bakteri Mycobacterium tuberculosis. Pasien TBC cenderung kurus dan mengalami batuk berkepanjangan. Biasanya mereka akan menjalani pengobatan dengan antibiotik minimal selama 6 bulan dan tidak boleh terputus.

Diabetes

Penyakit diabetes yang berimplikasi pada penurunan berat badan yang yang tipe satu. Jika terserang diabetes tpe 1 makan terjadi kerusakan pada sel penghasil insulin yang ada di pankreas. Ini lebih berbahaya dari tipe 2. Di samping turun berat bada juga sulit sembuh kalau ada bagian tubuh yang mengalami luka.

Kanker

Kehadiran kanker yang telah menyebar sering tidak terdeteksi. Penyakit ini kerap menjadikan pasien kurus. Sari makanan diserap oleh sel kanker untuk tumbuh lebih sporadis. Sel kanker bisa ditekan penyebaran dengan mengonsumsi makanan bergizi terutama yang kaya antioksidan. Ini bisa didapatkan dari buah dan sayur yang juga membuat kondisi tubuh menjadi lebih basa.

HIV/AIDS

Pasien dari penyakit HIV akan mengalami penurunan berat badan seiring dengan melemahnya sistem kekebalan tubuh. Mereka mengalami diare yang parah batuk berdaraj, sampai kerusakan organ dalam tubuh sebagai konsekuensinya.

Parkinson

Pasien Parkinson akan mengalami kekakuan otot dan sulit digerakkan. Kekakuan ini menjadikannya sulit bergerak dan menghabis waktu untuk berbaring. Dalam jangka panjang otot akan hilang massanya sehingga menjadikan lebih kurus.

Itulah penyakit-penyakit yang dapat menurunkan berat badan si penderita secara drastis yang dapat website penyakit tbc kelenjar informasikan. Terimakasih atas kunjungannya !

Facebook Comments