Menularkah TB Kelenjar ?

tbc kelenjarTidak sedikit yg mengira bahwa bakteri penyebab penyakit tuberculosis (TB) cuma menyerang paru-paru saja. Nyata-nyatanya bakteri TB dapat menyerang sektor badan yang lain dan beberapa orang juga suka kebingungan apakah penyakit di bidang lain ini tetap gampang menular.

Tidak hanya di paru-paru, bakteri TB dikatakan oleh dokter biasanya pun menyerang kelenjar getah bening terutama terhadap anak. Bila telah begitu orangtua juga dapat menjadi bingung atau malah khawatir anaknya dicap sebagai sumber penularan penyakit.

Untuk kasus TB yg menyerang getah bening orang tua tidak perlu terlalu khawatir. Jikalau di paru-paru bakteri mampu menular melalui butiran liur tetapi jika TB ada di getah bening penularannya lebih rumit dari itu.

Fakta pertama penularan TB itu tidak ada yg dari anak ke dewasa. Jikalau TB-nya terbatas kepada kelenjar, paru-parunya bersih dan dahaknya tidak ada kuman, memang dari dewasa ke anak mampu menular namun perihal penularannya kecil sekali. Seandainya anak ke anak lain lebih aman lagi.

Kuman TB mampu masuk ke saluran pernapasan dan menyerang paru-paru, namun terhadap anak rata-rata kuman lebih sering menyerang kelenjar getah bening yg ada di leher.

Itu yg kita sebut TB kompleks primer. Dalam perihal pengobatan dirinya mesti diobati tetapi seandainya untuk sekolah enggak mesti takut (menularkan penyakit -red).

Facebook Comments