Khasiat Nanas Kerang

Khasiat Nanas Kerang – Nanas yaitu salah satu komoditi buah unggulan Indonesia banyak digemari penduduk lokal ataupun luar negara. Dengan rasanya yg segar dan aroma yg khas, menciptakan buah ini sesuai dijadikan sebagai buah meja ataupun olahan. Tapi tahukah Kamu, ada salah satu type nanas yg terkenal juga sebagai tanaman hias, nanas itu bernama nanas kerang.

nanas kerang

Tanaman yg dikenal bersama nama Oyster Plant ini adalah salah satu herba yg berasal dari kawasan Amerika terutama daerah Brazil, Guatemala, dan Meksiko. Pada umumnya ia dikenal juga sebagai tanaman hias terutama berfungsi juga sebagai border tanaman. Tanaman ini rata-rata tumbuh subur di tanah yg lembab.

Ditilik dari penampakannya, tanaman yg bernama latin Tradescantia spathacea Sw ini mempunyai tinggi pohon kira-kira 40-60 cm, batang kasar, pendek, lurus, tak bercabang. Daun lebar dan panjang, gampang patah, warna daun di permukaan atas hijau, dan di sektor bawah berwarna merah keunguan. Panjang daun 30 cm, lebar 2,5-6 senti meter. Bunganya yaitu bunga majemuk, berbentuk mangkok, muncul di ketiak daun, terbungkus kelopak seperti kerang, mahkkota bunga berbentuk segitiga, terdiri atas 3 lembaran berwarna putih.

Sebahagian orang menyakini nanas hias ini mempunyai kapabilitas fitofarmaka yg ampuh dalam hal mengobati penyakit. Sektor yg umumnya digunakan yang merupakan obat herbal yakni daun. Daun dan bunga nanas kerang ini mengadung saponin dan tanin.

Dampak farmakologis nanas kerang antara lain berasa manis dan sejuk. Dia diyakini sanggup menyembuhkan penyakit bronchitis, batuk rejan, TBC kelenjar, mimisan, disenteri basiler, luka dan terkilir, juga berak darah.

Buat mengobati bronchitis, batuk rejan, batuk berdahak, flu dan disentri, kiat aplikasinya yaitu siapkan 20-30 kuntum bunga nanas kerang, cuci bersih setelah itu rebus. Sesudah dingin minum ai rebusannya dengan cara rutin. Trick yang lain, Kamu dapat siapkan daun segar banyaknya 115 gr setelah itu direbus bersama 1 gelas air selagi 15 menit. Sesudah dingin disaring, dan diminum 2 kali sama banyak dengan selang 2 jam.

Sementara buat mengobati TBC dan mimisan, siapkan 25-30 gr daun nanas kerang, lalu cuci bersih. Setelah itu rebus, dan minum air rebusannya sesudah dingin.

Buat mengobati accutebronchitis dan muntah darah, trick penyajiannya ialah siapkan daun nanas kerang banyaknya 10 helai atau 20-30 kuntung bunga, lalu tambahkan gula batu, dan selanjutnya tim bahan-bahan tersebut.

Sementara untuk mengobati berak darah, siapkan 10-15 helai daun nanas kerang segar atau 20-50 kuntum bunga kering, lalu tambahkan gula enau, direbus, dinginkan, saring, selanjutnya minum 2 kali 1 gelas.

Terakhir, buat mengobati luka atau terkilir, siapkan 30 gr daun nanas kerang selanjutnya lumatkan. Sesudah itu balurkan pada sektor luka atau bidang yg terkilir dan tutup dengan kain yg bersih.

Nah, meski belum ditemukan literatur yg menyatakan adanya kontradiksi ataupun efek samping dari mengkonsumsi daun nanas kerang, tapi sebaiknya sekian banyak hal ini butuh diperhatikan juga sebagai sikap kewaspadaan. Bagi yg sedang hamil dan menyusui disarankan untuk tak mengonsumsinya, juga bagi anak-anak sebaiknya tak mengonsumsinya dengan dosis yg berlebihan sebelum berkonsultasi dengan herbalis atau dokter. Mudah-mudahan berguna ya!

Facebook Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *